Cacar monyet


Hay guys... Kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyakit yang baru baru ini menyebar dinegara tetangga kita yaitu negara singapura. Penyakit ini yaitu cacar monyet atau monkeypox  adalah suatu penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus cacar monyet. Penyakit ini lebih sering berkembang di daerah Afrika Tengah dan Selatan. virus cacar monyet berasal dari genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, luka pada kulit atau mukosa binatang yang terinfeksi. Virus akan memasuki tubuh melalui kulit yang rusak atau terluka, saluran pernapasan, dan selaput lendir (mata, hidung, mulut). 

Salah satu pencegahan yang dapat di lakukan yaitu dengan cara Menghindari kontak langsung dengan primata ( kera ) 

Gejala cacar monyet (monkeypox)

Biasanya, orang yang terkena infeksi virus monkeypox akan mulai menunjukkan gejala pertamanya setelah 6-16 hari terinfeksi. Masa ini dikenal dengan masa inkubasi. Meski begitu, masa inkubasi juga bisa terjadi antara 5-21 hari.

1. Periode invasi

Seseorang berada dalam masa ini dalam waktu 0-5 hari setelah terinfeksi virusnya pertama kali. Saat seseorang berada dalam masa invasi, dirinya akan menunjukkan beberapa gejala cacar monyet, seperti:

1. Demam
2. Sakit kepala hebat
3. Limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening)
4. Sakit punggung
5. Nyeri otot
6. Lemas parah (asthenia)

2. Periode Erupsi Kulit

Pada periode inilah, ruam mulai muncul dari area wajah dan menyebar keseluruh tubuh. Ruam ini berkembang mulai dari bintik merah seperti cacar, lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, kemudian mengeras. Biasanya diperlukan waktu hingga 3 minggu sampai ruam tersebut hilang.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya guys.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mtfs

kemasan cetirizine

Ramyun